Sebelum Beli Kadar Emas 17k Pahami Artinya

Input No Resi j&t Express Pada Kolom,Selanjutnya Klik Track. .

Kadar emas 17 karat (17K) merujuk pada campuran logam emas dengan kadar sekitar 70.83% emas murni.

Dalam bentuk persentase, ini berarti sekitar 70.83% dari total campuran logam adalah emas murni, sedangkan sisanya adalah logam lain yang digunakan untuk membentuk dan menguatkan campuran.

Emas 17K adalah salah satu kadar emas yang kurang umum, tetapi tetap memiliki aplikasi dalam pembuatan perhiasan dan barang berharga.

Meskipun kadar emasnya lebih rendah daripada emas 18K (75% emas murni), emas 17K masih memiliki nilai estetika dan kemewahan yang khas dari emas.

Sebelum Beli Kadar Emas 17k Pahami Artinya

Namun, perlu diingat bahwa karena kemurnian yang lebih rendah, emas 17K mungkin memiliki kekuatan yang lebih rendah dibandingkan dengan emas dengan kadar yang lebih tinggi.

Hal ini perlu dipertimbangkan terutama jika perhiasan tersebut akan sering digunakan dan mengalami aktivitas harian yang intens.

Baca juga : Pahami Kode Emas 700 Berapa Karat

Campuran logam pada emas

Emas dalam perhiasan dan barang berharga sering kali tidak murni 100%, melainkan merupakan campuran logam yang disebut juga sebagai paduan.

Campuran ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kekuatan, daya tahan, warna, dan sifat lain dari emas.

Beberapa logam yang umumnya dicampurkan dengan emas termasuk perak, tembaga, seng, nikel, atau paladium. Berikut adalah beberapa alasan mengapa campuran logam dilakukan pada emas:

Baca juga : Emas Kadar 300 Berapa Karat Sih?

Kekuatan dan Ketahanan

Emas murni (24 karat) relatif lembut dan rentan terhadap goresan atau deformasi. Dengan mencampurkan logam lain seperti perak atau tembaga, emas dapat menjadi lebih tahan dan cocok untuk perhiasan sehari-hari.

Warna dan Tampilan Emas

Beberapa logam paduan dapat memberikan warna dan kilau yang berbeda pada emas.

Misalnya, campuran tembaga dapat memberikan tampilan kuning yang lebih dalam, sementara campuran perak dapat menghasilkan warna putih lebih terang.

Kontrol Kemurnian Pehiasan

Dalam beberapa kasus, logam lain ditambahkan untuk mengontrol atau menyesuaikan kemurnian emas. Hal ini dapat membantu produsen dalam mencapai kadar emas yang diinginkan untuk tujuan tertentu.

Baca juga : Pahami Kadar Emas 375 Berapa Karat

Harga dan Biaya Produksi

Mencampurkan logam lain dengan emas juga dapat mempengaruhi biaya produksi. Emas murni lebih mahal daripada campuran emas dengan kadar lebih rendah, sehingga campuran logam dapat membantu mengontrol biaya.

Kadar emas dalam campuran logam diukur dalam bentuk persentase. Sebagai contoh, emas 18 karat (18K) memiliki kadar sekitar 75% emas murni, sedangkan sisanya adalah logam lain.

Penggunaan campuran logam ini memungkinkan pembuat perhiasan untuk menciptakan berbagai jenis produk dengan karakteristik yang berbeda sesuai dengan preferensi pelanggan dan tujuan penggunaan.

Emas kuning campurannya apa?

Emas kuning biasanya merupakan campuran dari emas murni (24 karat) dengan logam lain, terutama perak, tembaga, dan kadang-kadang seng.

Baca juga : Pahami Kadar Emas 8k dan Artinya

Proporsi dan jenis logam campuran ini akan mempengaruhi warna, kekuatan, dan karakteristik fisik emas kuning.

Berikut adalah beberapa informasi lebih lanjut tentang campuran logam yang umumnya digunakan untuk membuat emas kuning:

  1. Perak (Ag): Penambahan perak ke emas dapat memberikan tampilan kuning yang lebih terang dan bersinar. Campuran perak juga membantu meningkatkan kekuatan dan ketahanan emas, membuatnya lebih cocok untuk perhiasan sehari-hari.
  2. Tembaga (Cu): Penambahan tembaga ke emas memberikan nuansa kuning yang lebih dalam dan kaya. Tembaga juga berkontribusi pada kekuatan dan kepadatan emas, serta memberikan karakteristik tahan aus yang baik.
  3. Seng (Zn): Kadang-kadang, seng juga digunakan dalam campuran untuk emas kuning. Seng dapat memberikan warna kuning yang lebih terang dan meningkatkan kekuatan. Namun, seng juga dapat membuat emas lebih mudah teroksidasi.

Baca juga : Perhiasan Emas 916 Berapa Karat Kadarnya?

Kombinasi proporsi dari perak, tembaga, dan seng dalam campuran akan menciptakan variasi warna yang berbeda pada emas kuning.

Secara umum, semakin banyak tembaga yang ditambahkan, semakin dalam warna kuningnya. Perak cenderung memberikan warna yang lebih terang dan bersinar.

Be the first to comment

Leave a Reply